Keindahan Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti yang masih sepi, memberikan pengunjungnya privasi dan juga keindahan yang berbeda. Suasana alam yang masih asri, tanpa hiruk pikuk pengunjung membuat anda betah dan mudah untuk melepaskan penat setelah bekerja keras.

Pantai Indrayanti yang suasana dan lingkungannya cukup bersih ini memberikan kenyamanan tersendiri. Tidak terlihat sampah berserakan di lokasi wisata, penghijauan sekitar wilayah pantai juga memberikan hawa sejuk. Pendek kata, berkunjung ke obyek wisata ini, memberi kesan tersendiri, dibanding wisata pantai lain yang berada di wilayah provinsi DIY yaitu indah, alami, bersih, tersedia akomodasi berupa restaurant dan penginapan. Di bagian Barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan elok. Dibalik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas.
pantai indrayanti
image source : flickr


Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di wilayah Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berada diantara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Rutenya menuju Pantai Indrayanti hampir sama dengan rute menuju pantai-pantai lain di selatan kota Wonosari. Dari Yogyakarta ikuti saja Jln. Wonosari hingga tiba di kota Wonosari (sekitar 30 km). Dari kota Wonosari, ambil jalan menuju Pantai Baron (yaitu Jln. Baron). Ikuti saja jalan itu sepanjang sekitar 20 km, nanti akan banyak bertebaran papan petunjuk arah ke pantai A, B, C, dst. Pantai Indrayanti itu dekat dengan Pantai Sundak. Jadi jalan yang mengarah ke Pantai Sundak juga dapat mengarah ke Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti berlokasi di Gunung Kidul. Masih satu lokasi dengan Pantai Drini, Baron, Krakal, Sundak, dan Sadeng, hanya saja lokasinya agak ke timur sedikit.

Pantai Indrayanti Sama Indahnya dengan Bali

Pantai Indrayanti memang sangat berbeda dibanding pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Selain berpasir putih, air lautnya pun jernih bak cermin. Karena itu, bagi Anda yang ingin melepas penat, di tempat ini Anda dapat berenang ,main air atau sekedar berjemur menanti tenggelamnya matahari sore.

Seperti halnya di Bali, di Indrayanti juga ada penjaga pantai yang berjaga-jaga melakukan pertolongan kepada pengunjung yang mengalami kecelakaan. Di Pantai Indrayanti ini, kita dapat berenang dengan air lautnya yang bersih. Tidak hanya melihat karang, namun memanjat karang tersebut juga bisa. Dapat berfoto-foto narsis, hingga makan di restoran dengan payung-payungnya.

Ataupun bermain dengan jetski yang bisa disewa per 15 menit bertarif 250 ribu menyusuri pinggiran laut selatan seputar kawasan wisata.

Bagi yang gemar berfoto, ada beberapa tempat karang yang sangat bagus dipakai sebagai latar belakang foto. Bahkan, tempat ini sering dipakai sebagai lokasi foto pre-wedding sepasang calon pengantin yang akan menikah.

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Berbagai fasilitas disediakan di Pantai yang dikenal dengan fasilitas Jet Sky nya ini, diantaranya Gazebo, Restoran, Penginapan / Homestay , Mushola, Parkir yang luas serta para penjual makanan yang berjejer rapi di tepi pantai. Pantai ini cocok bagi anda yang ingin bermalam dan menikmati suasana malam di Pantai dengan biaya sekitar 350 ribu - 700 ribu per malam.

Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, karena pengelola pantai ini mengenakan denda pada setiap pengunjungnya apabila ketahuan membuang sampah sembarangan. Pantai Indrayanti dengan pasir putihnya yang bersih dengan deretan payung-payung berwarna-warni yang hanya berjarak sekitar 7 meter dari bibir pantai.

Belum lagi, batu-batu karang yang menjulang tinggi dan besar mengapit di kanan kiri pantai. Keunikan dari pantai ini adalah keberadaannya yang seakan tersembunyi dari dunia luar. Berada di balik bebatuan karang yang besar dan menjulang tinggi dengan dikelilingi beberapa penginapan, dan restoran.

Indrayanti adalah hamparan pantai pasir putih yang cukup luas untuk sekedar bermain air ataupun berjemur. Merupakan tempat wisata yang patut dikunjungi suatu hari nanti.